Terbaru ! 3 Jalur Pendaftaran PPPK Guru 2023 dan Syaratnya

Terbaru ! 3 Jalur Pendaftaran PPPK Guru 2023 dan Syaratnya

Berita berkenaan realisasi pendaftaran PPPK guru 2023 di bulan September mendatang seperti hembusan udara segar untuk beberapa tenaga honorer terutama beberapa guru honorer yang berada di seluruh Indonesia.

Sudah pasti, ini adalah mimpi yang sudah lama ditunggukan untuk beberapa guru honorer untuk pada akhirnya mempunyai peluang jadi ASN PPPK.

Beberapa guru honorer juga tidak kecuali dari keinginan ini, untuk mereka, penyiapan untuk meng ikuti penyeleksian PPPK guru tahun 2023 perlu dilaksanakan secara benar-benar.

Saat sebelum terjun dalam penyeleksian PPPK guru 2023, beberapa guru honorer harus mengeruk info terkini berkaitan dengan jalur pendaftaran yang hendak dibuka. Ini sudah pasti jadi cara penting karena lewat jalur pendaftaran, beberapa honorer bisa pahami semua proses penyeleksian dan peletakan sesuai skema yang terdapat.

Bagaimana sebetulnya jalur pendaftaran PPPK guru 2023? Dan apa opsi jalur yang bisa diambil oleh beberapa guru honorer saat meng ikuti penyeleksian PPPK guru 2023? Berikut penuturannya.

Terdapat tiga jalur pendaftaran yang bisa di ikuti dalam penyeleksian PPPK guru 2023. Tiap jalur itu memiliki syarat yang beda.

Tiga Jalur Pendaftaran PPPK guru 2023 dan Syaratnya

1. Jalur Honorer

Untuk beberapa guru honorer yang ingin meng ikuti pendaftaran PPPK guru tahun 2023, mereka bisa mendaftarkan lewat jalur honorer. Pada jalur ini, beberapa guru honorer harus penuhi syarat-syarat tertentu, yakni sudah terdata dalam database Data Pokok Pendidikan (Dapodik), baik itu terdaftar di sekolah negeri atau sekolah swasta.

2. Jalur THK2

Jalur pendaftaran ke-2 ialah jalur THK2, jalur ini ditujukan untuk beberapa guru honorer yang termasuk dalam kategori THK2.

Dengan pilih jalur ini, beberapa guru honorer memiliki peluang untuk segera memperoleh penempatan formasi jika ada formasi yang masih tersedia sesudah pelamar dari jalur kataeagori Prioritas 1 (P1).

Agar bisa memenuhi syarat pada jalur pendaftaran PPPK guru 2023 ini, beberapa guru honorer harus terus terdaftar dalam Database BKN sebagai THK2.

3. Jalur Umum

Jalur ke-3 ialah jalur umum, pada jalur pendaftaran ini, beberapa guru honorer yang tidak terdaftar dalam database Dapodik sekolah negeri atau sekolah swasta bisa mendaftarkan.

Disamping itu, jalur umum terbuka untuk beberapa guru honorer yang terdaftar dalam Dapodik dengan masa kerja kurang dari 3 tahun. Kelompok honorer yang lain yang bisa pilih jalur ini ialah honorer swasta yang terdaftar dalam Dapodik.

Lewat jalur umum ini, beberapa peserta memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi PPPK guru 2023. Jalur ini terbuka untuk beberapa lulusan baru (freshgraduate), tetapi ada sejumlah syarat penting yang wajib dipenuhi, yakni memiliki sertifikat pendidikan.

Tidak itu saja, ada syarat tambahan yang harus dipenuhi dengan para guru honorer yang ingin mendaftar PPPK guru 2023, yakni memiliki kualifikasi pendidikan minimum S1 atau D4.

Demikian tiga jalur pendaftaran PPPK guru 2023 yang penting dipahami oleh para guru honorer. Dengan memahami beberapa opsi itu, para guru honorer bisa menyiapkan diri dengan matang untuk mengikuti seleksi dan meraih mimpi mereka.

Baca Juga:

Sebelumnya, Deputi Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen sudah mengutarakan jika Kementerian PANRB sedang mengembangkan aturan khusus untuk HK2 dan tenaga non-aparatur sipil negara.

Ini dilaksanakan untuk percepat resolusi berkaitan HK2 dan tenaga non-ASN, dengan alokasi 80% dari formasi yang bakal diberikan ke mereka. Meski begitu, pelamar umum masih tetap diberi peluang, tetapi dengan sisi skema sejumlah 20%.